23.4 C
Indonesia
Jumat, Oktober 18, 2024

Dalam Rangka Hari Jadi Kota Kediri, Festival Pasar Rakyat di Lapangan Bujel Resmi Dibuka oleh Forkopimcam Mojoroto

Kediri Kota – Bidik86.com || Festival Pasar Rakyat resmi dibuka oleh Forkopimcam Mojoroto, Sabtu ( 20/07/2024 ) sekitar pukul 18.30 WIB, di lapangan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Dalam pelaksanaannya, pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kasi Trantib Kecamatan Mojoroto, Abdurrahman, dan Kasi Ekbang, Lutfi Manfaluti, bersama Forkopimcam Mojoroto. Dan diselenggarakan selama 2 hari berturut – turut, dalam rangka Hari jadi Kota Kediri dengan mengedepankan giat UMKM dan seni budaya Jaranan yang digelar pada siang hari, kemudian dilanjutkan malam hari UMKM Pasar Rakyat yang menampilkan kuliner lokal .

Kasi Trantib Kecamatan Mojoroto, Abdurrahman, kehadirannya di acara itu adalah dalam rangka mewakili Camat Mojoroto, Bambang Tri Lasmono. Di lokasi acara, kepada awak media, Sabtu ( 20/07 ) malam, Abdurrahman menyampaikan bahwa selaku Kasi Trantib Kecamatan Mojoroto dirinya sangat peduli terhadap pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Mojoroto agar berkembang dan membangkitkan ekonomi warga Kota Kediri.

“ Pasca musibah covid-19 ini sebagai wujud kepedulian Pemkot Kediri kepada UMKM khususnya Kecamatan Mojoroto. Kegiatan Festival Pasar Rakyat ini digelar agar ekonomi pelaku UMKM ke depan lebih maju dan semakin jaya, “ kata Abdurrahman.

Dijelaskan, terlihat antusias masyarakat Kediri dengan kegiatan Festival Pasar Rakyat sangat positif sekali. Sebelum digelar Pasar Rakyat ini pada Minggu lalu diawali dengan kesenian tari jaranan untuk menguri-uri dan melestarikan budaya jawa agar tidak punah oleh perkembangan jaman.

“ Untuk besok Minggu pagi ada suguhan tarian kolosal songgolangit yang digelar di lapangan Bujel. Selanjutnya malam harinya bisa dilanjutkan menikmati kulineran jadul dan kekinian.”

“Warga Kediri juga disuguhi dengan hiburan musik yang sangat menarik. Mulai dari hiburan campursari, keroncong, sinden, Aswara Band, AG Plus dan Viva Artika, ” katanya lagi.

Sementara itu, Lutfi Manfaluti Ketua Panitia Festival Pasar Rakyat mengatakan, digelarnya event ini bertujuan untuk menggiatkan UMKM Kecamatan Mojoroto dengan melibatkan 42 stand yang terbagi dari 14 Kelurahan se-Kecamatan Mojoroto.

Dirinya berharap kesenian tradisional mampu terus lestari dan bisa meningkatkan kembali UMKM di Kecamatan Mojoroto.

“ Harapan kami kesenian tradisional bisa terus lestari di Kecamatan Mojoroto, yang keduanya kita bisa meningkatkan kembali UMKM di kecamatan mojoroto,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Mojoroto Kompol Mukhlason mengatakan akan menyiapkan pengamanan dengan menerjunkan sebanyak 50 personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub.

“Nantinya apabila animo masyarakat banyak yang hadir maka kita akan mengadakan rekayasa jalur lalu lintas sehingga jalan veteran akan kami alihkan,” pungkasnya.

Editor: Didik

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments