24.4 C
Indonesia
Senin, Juli 15, 2024

Kasat Samapta: Puluhan Botol Miras Kita Amankan !!! ,Guna Antisipasi Gangguan Selama Bulan Suci Ramadhan 2024

BIDIK86.COM || KEDIRI KOTA – Kasat  Samapta Polres Kediri Kota intruksikan pada Anggotanya untuk rutin gelar patroli malam. Patroli malam intensif dilakukan selama bulan Ramadhan untuk menjaga keamanan tetap kondusif.

Dari awal bulan Ramadhan kemarin jajaran Samapta Polres  Kediri Kota meningkatkan kegiatan patroli malam. Sebagai langkah antisipasi munculnya gangguan keamanan di wilayah ini, baik itu aksi kriminalitas maupun gangguan keamanan lainnya, seperti perang petasan hingga aksi balapan liar dan peredaran Miras.

Patroli fokus pada daerah-daerah yang dinilai rawan munculnya gangguan keamanan. Terutama di sepanjang Jl .Inspeksi Brantas yang menjadi tempat nongkrong  maupun jalur – jalur protokol di kota Kediri. “Sejak memasuki bulan puasa, setiap malam kami menggelar operasi cipta kondisi patroli ke daerah-daerah yang dianggap rawan akan terjadinya tindak kriminal,” Ungkap Kasat Samapta Iptu Priyo Hadistyo S.H, pada media ini.

Ia menegaskan, aksi perangi Miras hingga balap liar serta aksi kejahatan jalanannya lainnya menjadi atensi khusus pihaknya. Termasuk tindak pidana ataupun pelanggaran hukum lainnya selama bulan puasa ini. Itu semua dilakukan untuk memastikan situasi keamanan bisa tetap terkendali, sehingga masyarakat di daerah hukum Polres Kediri Kota  bisa menjalankan aktivitas, terutama kegiatan ibadah puasa dengan aman dan nyaman.

Selain pengamanan jelang kepulangan suporter Persik,Patroli Harkamtibmas cegah 3C dan di lanjut Patroli saur On The Road ,kegiatan rutin ini sendiri dilakukan di saat jam rawan. Biasanya dimulai tengah malam hingga menjelang sahur. Karena pada waktu itulah rawan terjadinya gangguan keamanan. Terutama aksi kenakalan remaja yang menjurus ke arah tindakan kriminal, seperti pencurian, peredaran narkoba dan minuman keras (miras). Termasuk balapan liar di jalan raya. Sabtu 16/3/2024 hingga Minggu 17/3/2024 dini hari..

“Patroli ini juga bertujuan untuk memantau dan mengawasi aktivitas masyarakat selama bulan ramadhan. Sembari memberikan edukasi kepada mereka yang kedapatan melanggar. Jika sampai ada yang kedapatan melakukan tindak kriminal kami tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas,” imbuh Priyo

Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat di daerah Kediri Kota supaya tidak melakukan tindakan yang bisa menjurus aksi kriminalitas atau gangguan keamanan lainnya. Jika tidak mau berurusan dengan aparat kepolisian.

“Lebih baik kita meriahkan bulan Ramadhan dengan memakmurkan masjid, memperbanyak ibadah, tadarrus, tarawih, perbanyak sadaqah dan lainnya. Jangan meriahkan Ramadhan dengan petasan, trek-trekan dan hal-hal berbahaya serta tindakan yang bisa mengganggu keamanan masyarakat,” tambahnya

Meskipun sudah rutin di gelar Patroli Malam, masih saja di dapati Miras yang sengaja di jual ke masyarakat.terbukti giat malam Ramadhan tersebut diamankan puluhan botol minuman keras (Miras) berbagai merk.

Iptu Priyo mengatakan, miras yang diamankan antara lain puluhan botol ciu dan Anggur di cafe GC Kelurahan Dermo kecamatan Mojoroto,operasi miras jg di gelar di cafe X-one kelurahan Jabon, selain memeriksa badan dan barang bawaan pengunjung cafe,Iptu Priyo juga memberikan edukasi himbauan Kamtibmas pada para pekerja seni juga tamu Cafe tersebut untuk saling menjaga ketertiban dan keamanan guna menghormati bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah di masyarakat.

Ia mengatakan Selama bulan Ramadan 1445 H/2024 M, Sat Samapta Kepolisian Resort Kediri Kota juga gencar melaksanakan patroli sahur on the road di beberapa ruas jalan yang dianggap rawan terjadinya Balap Liar (Bali).




Seperti yang telah dilakukan Minggu (17/3/2024) dini hari, patroli gabungan yang diikuti oleh beberapa anggota dari beberapa satuan fungsi Polres Kediri Kota dalam mengantisipasi kejahatan jalanan, seperti begal, perang sarung, sajam/senpi, petasan, balap liar, maupun pengendara yang memakai knalpot brong.Karena dini hari adalah jam rawan,” terang Priyo

Kegiatan
Patroli sahur On the road ini sekaligus juga bentuk respon nyata dari jajaran Polres Kediri Kota atas beberapa aduan masyarakat yang merasa terganggu dengan aktifitas sekelompok pemuda yang menggunakan Bettle Sound yang bersuara keras saat Sahur.hasilnya puluhan pemuda berhasil kita giring ke halaman Mako Polres Kediri Kota guna kita berikan himbauan untuk tidak mengulangi hal serupa karena mengganggu kenyamanan masyarakat yang menjalankan aktifitas ibadah Sahur.

Kasat Samapta memastikan bakal melakukan patroli sepanjang Ramadhan 2024 ,giat ini digelar dengan menyasar pedagang petasan dan minuman keras (miras). Iptu Priyo mengatakan hal itu untuk menjaga situasi yang aman dan nyaman saat beribadah di bulan suci.

Editor: Didik

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments